Gaji Guru Porsi Terbesar di Anggaran Pendidikan Balikpapan 2012


SIKAMSEUPAY BLOG -



Tribun Kaltim – Sabtu, 15 Desember 2012 23:12 WITA



BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id – Kendati mendapatkan porsi paling besar dalam APBD kota Balikpapan ditahun 2012 kemarin, sebagian dari anggaran di Dinas Pendidikan memang masih lebih banyak terserap kepada belanja tak langsung seperti gaji guru dan tunjangan sertifikasi.

Berdasarkan hasil evaluasi dan penghitungan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan selama tahun 2012, dari keseluruhan APBD yang disahkan SKPD tersebut mendapatkan alokasi sebesar 32,55 persen atau senilai Rp 593 miliar. Namun  dari jumlah tersebut hanya 27,41 persen yang dikelola langsung oleh Dinas Pendidikan atau Rp 499,8 miliar.


“Jadi anggaran pendidikan itu tak semuanya dikelola  oleh Dinas pendidikan, anggaran pendidikan untuk tahun 2012 itu 32,55 persen dari total APBD yang dikelola oleh Dinas pendidikan 27,41 persen  sebanyak Rp 499,8 miliar sedangkan total anggaran pendidikanitu sendiri 593 miliar,” ucap Sekretaris Dinas Pendidikan Sri Wahyuningsih.


Dari jumlah Rp 499,8 miliar,  lanjut Yuyun  –sapaan akrabnya– sebanyak Rp 347 miliar digunakan untuk belanja tak langsung seperti gaji pegawai dan insentif para guru, dan hanya Rp 152 miliar yang digunakan sebagai belanja langsung seperti kegiatan fisik di sekolah-sekolah.


Mantan Plt Kepala Dinas Pendidikan itu juga mengungkapkan sampai saat ini gaji guru dengan ststus PNS memang masih mendapatkan porsi tertinggi dari keseluruhan jumlah dana yang dikelola oleh Dinas Pendidikan, dimana mencapai Rp 247 miliar


Jumlah itu masih ditambah lagi dengan intensif yang harus dibayarkan kepada seluruh tenaga pendidikan itu yang setiap tahun dikeluarkan dana Rp 14,7 miliar ditambah kemudian dengan tunjangan untuk sertifikasi guru yang jumlahnya Rp 58,7 miliar.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+