5 Tempat Wisata Paling Aneh di Dunia


SIKAMSEUPAY BLOG -Siapa bilang destinasi wisata dikunjungi hanya karena keindahannya? Ada juga yang didatangi karena keunikan yang dimilikinya. Tidak percaya? 5 Destinasi ini menjadi buktinya.


Ini bukanlah destinasi yang menawarkan keindahan alam, atau kecantikan lainnya. Ini adalah destinasi yang menawarkan wisata berbeda yang mungkin belum pernah Anda bayangkan. Turis yang datang akan disuguhkan dengan keunikan suatu tempat wisata.


Langsung saja, inilah 5 tempat wisata paling aneh yang dikunjungi turis:


1. Pulau Boneka, Meksiko



Destinasi aneh pertama yang ramai dikunjungi turis adalah Pulau Boneka di Meksiko. Ini adalah pulau yang dikenal angker karena dihuni oleh ribuan boneka tak terawat yang menggantung di pohon. Bahkan, banyak boneka dengan kondisi termutilasi, entah tinggal badan, kepala atau hanya tangan saja di sana.


Konon, pulau itu ditempati oleh seorang pertapa, bernama Don Julian Santana. Dia menghabiskan 50 tahun hidupnya untuk menetap di sana. Dalam kesaharian, Don Julian selalu dihantui oleh hantu anak kecil yang tewas tenggelam di pulau tersebut. Maka, Don menggantungkan setiap boneka ke pohon-pohon untuk menenangkan hantu anak kecil yang terus menerornya.


Yang mengerikan, beberapa turis yang datang ke tempat ini seolah mendengar bisikan-bisikan dan selalu diawasi oleh setiap boneka. Anehnya, meski dikenal angker, pulau ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama para penantang nyali. Bagaimana dengan Anda?


2. Kuil tikus, India



Sebuah kuil biasanya dikunjungi turis karena ingin beribadah, atau sekadar merasakan atmosfer di sana. Tapi tidak dengan The Karni Mata Temple di India. Kuil ini ramai dikunjungi turis justru karena keunikan yang dimiliki.


Penasaran keunikan apa yang dimilikinya? The Karni Mata Temple ternyata adalah rumah bagi 20.000 ekor tikus. Bukan karena kuil yang jorok atau kotor, tapi jemaah yang sengaja memelihara tikus-tikus itu.


Datang ke sana, turis langsung dihadapkan dengan pemandangan yang tidak biasa. Sekali melangkah, Anda langsung melihat tikus berkeliaran di mana-mana. Ada yang di gagang pintu, kolong meja, atau bahkan di sela-sela ventilasi.


Bagi pengurus dan jemaah kuil, tikus-tikus itu masuk dalam golongan suci. Karena itulah, para jemaah dengan penuh kasih sayang merawatnya. Setiap hari, mereka menyediakan puluhan mangkuk berukuran besar berisi susu dan makanan untuk si tikus. Ya, tikus di kuil ini memang istimewa.


Bahkan, saking istimewanya, makanan dan minuman sisa tikus pun jadi berharga. Banyak wisatawan menyantap makanan atau minuman sisa tikus di sini karena dianggap memiliki khasiat. Aneh? Ya, percaya tidak percaya…


3. Dinding penuh permen karet



Geli! Mungkin itulah kesan pertama yang dirasakan wisatawan saat pertama kali datang ke Bubblegum Alley di California, AS. Betapa tidak, dinding sepanjang 21 meter yang ada di gang ini dipenuhi dengan tempelan permen karet. Hiii!


Memang aneh, sebuah dinding yang dipenuhi dengan permen karet dan terkesan jorok, malah jadi atraksi wisata yang banyak dikunjungi turis. Hampir setiap pagi, siang dan malam tempat ini ramai dikunjungi turis.


Tidak ada yang pernah tahu, bagaimana awal mula tradisi menempel permen karet terjadi. Yang jelas, sekarang tradisi ini menjadi pemandangan menarik di California, dan jadi salah satu lokasi yang diincar para turis. Banyak orang menganggap Bubblegum Alley sebagai wujud kreativitas dan memiliki nilai seni yang tinggi.


Usut boleh usut, ternyata tradisi tembok permen karet ini bukan cuma ada di California. Masih ada 2 tempat lain ternyata juga memiliki dinding dengan tempelan permen karet, yaitu Wall Gum di Seattle, AS dan Tembok Berlin di Jerman. Mau ke sana?


4. Museum rambut



Apa yang Anda bayangkan begitu masuk ke dalam sebuah ruangan yang dipenuhi dengan ribuan helaian rambut wanita? Mungkin ngeri dan aneh jadi satu. Semua ini bisa Anda lihat jika datang ke Cappadocia di Turki.


Kota yang dikenal dengan rumah di tebing batu ini ternyata memiliki lorong yang dipenuhi dengan ribuan potong rambut wanita, Hair Museum namanya. Gua ini berada di bawah toko gerabah dan menyimpan ribuan warna, panjang dan jenis rambut yang berbeda. Hanya satu yang sama, rambut yang disimpan adalah rambut wanita.


Awal mula pembuatan museum ini adalah ketika salah satu teman wanita pemilik toko akan meninggalkan kota. Sebagai kenang-kenangan, wanita tersebut memotong sedikit bagian rambutnya. Kisah ini pun menyebar dan membuat pengunjung toko lain untuk berpartisipasi. Mereka ikut memotong dan menempelkan rambut, lengkap dengan kertas bertuliskan nama dan nomor telepon.


Keunikan ini pun berhasil mengundang banyak turis untuk datang dan melihat langsung koleksi rambut di Hair Museum. Yang lebih asyik lagi, untuk melihat ribuan koleksi rambut, museum tidak mematok biaya masuk.


5. Wisata penjara



Begitu mendengar kata penjara, rasa ngeri mungkin langsung masuk menyelimuti perasaan Anda. Jelas saja, penjara dikenal sebagai tempat para penjahat meringkuk alias dihukum. Bisa masuk ke dalamnya adalah hal yang mengerikan untuk kebanyakan orang.


Tapi tidak dengan penjara yang ada di Inveraray, Skotlandia. Salah satu penjara di kota ini malah dijadikan lokasi wisata. Bahkan, ada tur khusus yang dibuat untuk wisata spesial ini. Aneh?


Jangan langsung mengatakan aneh, sampai Anda mencobanya langsung. Sebenarnya, penjara yang turis kunjungi bukanlah penjara yang masih aktif. Dulu, Inveraray memang penjara yang cukup ketat. Namun, sejak tahun 1989, penjara ini berubah fungsi jadi museum.


Tur ke dalam penjara, wisatawan akan dijelaskan seluk beluk penjara. Mulai dari narapidana yang ditangkap, diadili, dimasukkan ke dalam ruang tahanan, hingga dieksekusi mati. Hiii!


Setelah itu, wisatawan akan diajak untuk masuk ke dalam ruang tahanan. Sang sipir akan mengantarkan Anda. Lengkap dengan seragam, ia membawa kunci ruang tahanan yang berukuran besar. Dibuat seolah penjara sungguhan, saat melewati lorong, Anda akan melihat tahanan yang lainnya. Tentu saja ini bukan narapidana sungguhan, melainkan manekin yang dibuat mirip seperti tahanan.


Walau ada yang mengatakan wisata ini aneh. Tak sedikit pula yang senang dengan tur ini karena dianggap unik, dan jarang ada di tempat lain. Tertarik? [sumber]



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+