Sony Rilis Xperia Z1, Android Tahan Air Berkamera 20 MP

Selang beberapa jam sejak perkenalannya di ajang IFA Berlin 2013, Sony langsung memperkenalkan secara resmi ponsel pintar andalan terbarunya, Xperia Z1, di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (5/9/2013). Senjata andalan dari perangkat Androd ini adalah fitur kameranya.

Jika dilihat dari sisi kamera, perangkat yang sebelumnya dikenal dengan nama kode Honami ini akan bersaing dengan Nokia Lumia 1020 dan Samsung Galaxy S4 Zoom. Ketiganya memiliki sensor gambar di atas 15 megapiksel.

Xperia Z1 dipersenjatai dengan kamera 20,7 megapiksel di bagian belakangnya. Kamera yang ada di perangkat ini tampak sudah dilengkapi dengan berbagai fitur ala kamera digital, seperti prosesor gambar Bionz, aperture F/2.0, dan sensor Exmor RS 1/2.3 inci. Di bagian depan, terdapat kamera 2 megapiksel.

"Hardware kamera bekerja sama untuk menghasilkan foto yang hebat. Bionz mampu menghasilkan foto yang baik, meski dalam kondisi minim cahaya," kata Jason Smith, Director of Marketing South East Asia & Oceania, Sony Mobile Communications.

Sony mengklaim, penggunaan prosesor Bionz dapat menjaga kualitas foto yang diambil, meskipun kamera sedang melakukan zoom hingga 3 kali atau sedang dalam keadaan minim cahaya sekalipun.

Tidak hanya dari segi hardware kamera, Sony juga mengembangkan beberapa fitur kamera yang menarik. Terdapat sebuah fitur yang dinamakan Info-Eye, yang memiliki fungsi mirip dengan aplikasi Google Goggles, yaitu fitur yang mengizinkan pengguna melakukan pencarian dengan menggunakan gambar. Sony juga menambahkan efek augmented reality di fitur ini.

Selain itu, software kamera Sony Z1 dapat membuat penggunanya mengambil 61 gambar sekaligus dengan waktu yang sangat cepat, yaitu 2 detik saja.

Semua gambar yang diambil oleh kamera ini nantinya dapat disimpan di layanan cloud Sony, PlayMemories.

Sony Xperia Z1 akan hadir dengan layar 5 inci yang mendukung resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Panel layar yang digunakan adalah Triluminos yang memulai debutnya di perangkat Xperia Z Ultra.

"Layar Triluminos memberikan banyak warna. Ia mampu menghasilkan warna yang biasanya tak terlihat di panel lain," tambah Smith.

Nantinya, Xperia Z1 akan berjalan di sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean.

Dari segi spesifikasi hardware, Xperia Z1 dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 800 dengan kecepatan 2,2 GHz, RAM 2 GB, GPU Adreno 330, dan media penyimpanan internal berkapasitas 16 GB yang dapat diperluas dengan menggunakan kartu microSD hingga 64 GB.

Hadir sebagai penerus Xperia Z, perangkat baru ini juga akan mewarisi kemampuan tahan debu dan air. Ia telah mendapatkan sertifikat ketahanan militer IP58. Xperia Z1 sanggup diajak menyelam di air kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+