Pelajar di Samarinda Senang RSBI Dihapus


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


Pelajar di Samarinda Senang RSBI Dihapus


.



Tribun Kaltim – Rabu, 9 Januari 2013 22:03 WITA




SAMARINDA, tribunkaltim.co.id – Beberapa siswa mengaku senag dengan akan dibubarkannya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Untuk Samarinda ada 4 RSBI yakni SMP 1, SMP 2, SMA 1  dan SMA 10 Samarinda. Seperti dikatakan Angel, siswi SMP 15 Samarinda yang mengaku sekolahnya masih Sekolah Standar Nasional (SSN).

“Kebanyakan memang sombong – sombong. Senang dihapuskan, jadi sama,” katanya kepada tribunkaltim.co.id, Rabu (9/1/2013).


Citra salah seorang siswi RSBI di Samarinda mengatakan bahwa persoalan dihapusnya RSBI hanya persoalan status. Tidak akan mempengaruhi proses belajar apalagi gengsi.


“Kalau bilang senang ya nggak senang juga. Sebenarnya itu kan hanya statusnya saja. Karena RSBI pungutannya jadi lebih mahal,” katanya.


Ia juga sedikit membantah bila siswa RSBI dikatakan seluruh siswa sombong. Namun, ia tidak menampik bahwa sebagian besar siswa di sekolahnya adalah anak – anak yang memiliki orangtua berekonomi mapan.


“Orang – orang itu yang bilang kita sombong. Tapi memang kayaknya sebagian memang iya, sombong. Tapi kan yang penting kualitas siswanya di RSBI,” katanya.  


Julia Nugraha, salah seorang mantan siswi RSBI mengaku senang dengan dihapusnya status RSBI tersebut.


“Bukan sombong, tapi kebanyakan memang anak orang kaya. Kalau dihapus ya senang, masalahnya anak terlalu ditekan, dipaksa sebelum waktunya,” akunya.


Hal itu dibenarkan Kepala Sekolah SMPN 1 Samarinda Joko Iriandono, berdasarkan penuturan siswanya, ada beberapa yang mengaku senang dengan dihapusnya RSBI. Alasannya, siswa tidak perlu lagi mengejar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap mata pelajaran yakni 8.


“Katanya, senang dong Pak nggak harus belajar keras untuk angka 8,” kata Joko menirukan siswanya.


Inilah menurutnya yang menjadi dampak dihapuskannya RSBI dimana semangat siswa menjadi berkurang. Joko berharap pemprov Kaltim tetap mempertahankan bahwa harus ada sekolah – sekolah unggulan di Kaltim. Namun, pihaknya mengaku akan mengamankan hal ini dan mendukungnya karena sudah menjadi keputusan Undang – undang.




Pelajar di Samarinda Senang RSBI Dihapus


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul Pelajar di Samarinda Senang RSBI Dihapus , artikel tersebut merupakan referensi dari
Tribun Kaltim


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+