Yuk, Kenalan dengan Pengganti Chef Vindex di MasterChef Indonesia


Yuk, Kenalan dengan Pengganti Chef Vindex di MasterChef Indonesia



TAMPAKNYA, belum banyak orang mengenal Chef Degan, pengganti Chef Vindex di jajaran juri MasterChef Indonesia Season 2. Sosok murah senyum ini ternyata sudah 30 tahun bergelut di dunia kuliner.


 


Di balik kelihaian mengolah bahan makanan, sosok Chef Degan tak pernah lepas dari senyum, terlebih bagi Anda yang baru pertama kali bertemu dengannya. Sosok ramah serta sabar memang menjadi cirinya saat menjadi juri MasterChef Indonesia Season 2.


 


Pemilik nama asli Degan Septoadji Suprijadi ini mulai menekuni dunia kuliner ketika berada di Jerman. Di negeri orang sana, dia mengaku kerap ditinggal kedua orangtuanya, mau tak mau dia harus belajar mandiri


 


“Saya selalu ditinggal orangtua karena bekerja. Saya harus mandiri, ibu mengatakan saya harus bisa masak sendiri,” tuturnya kepada Okezone ketika ditemui di Studio 4 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, baru-baru ini.


 


Chef Degan mulai bersentuhan dengan bahan makanan dan alat masak sejak kelas 2 SD, sekira tahun 1975. Ketika itu, dia diajari sang ibunda memasak telor ceplok. Inilah menu pertama yang dikuasainya.


 


Kebiasaan bergelut di dapur rupanya memunculkan idenya pada sebuah cita-cita. Ketika banyak anak laki-laki seusianya bercita-cita menjadi tentara, dokter, dan pilot, dia justru menyimpan impian lain.


 


“Waktu SMA, saya mimpi ingin keliling dunia lalu balik ke Indonesia. Saya berusaha mencari, profesi apakah itu? Kalau jadi dokter, saya kurang pintar. Jadi pilot, sering pusing. Akhirnya, saya punya ide untuk jadi chef; bisa masak di kapal dan keliling dunia,” tambah mantan Sous Chef Atlantis Resort Bahamas sejak 1997 hingga 1999 ini.


 


Chef Degan pun meneguhkan tekadnya, dan mulai menekuni dunia kuliner. Awalnya, pemilik Café Degan di Seminyak, Bali, ini mengganggap ringan profesi chef alias juru masak, rupanya dia menemukan kekeliruan.


 


“Bayangan saya salah, ternyata masak itu susah sekali, capek, dan berat profesinya,” ujarnya.


 


Namun, tekad sudah telanjur kuat. Chef Degan mengambil pendidikan kuliner di Jerman, dan mulai bekerja di Hotel Hilton pada 1988. Dia kemudian menambah jam terbangnya hingga ke luar Jakarta, seperti Bali, Pulau Bintan, hingga bekerja di beberapa hotel berbintang di luar negeri, seperti Eropa, Amerika, Australia, China Tibet, Srilanka, Panama, Bahama, hingga Afrika. Dengan banyak pengalaman yang telah didapatkan, Chef Degan kini memantapkan diri pada olahan menu Thailand dan Indonesia.


 


“Kalau menu mediteranian, Western, Jepang, Chinese, saya hanya tahu dasar, tapi saya bukan ahlinya,” imbuhnya.


 


Kehadiran Chef Degan di ajang MasterChef Indonesia Season 2 memang memberikan warna baru di antara juri yang telah eksis, Chef Marinka dan Chef Juna. Dia mengaku sangat senang dan tidak menyangka bisa terpilih menjadi juri MasterChef Indonesia.


 


“Ini benar-benar pengalaman yang baru. Saya masih belajar (menjadi juri) dari dua chef lainnya. Ini benar-benar sesuatu yang sangat menyenangkan,” katanya pada kesempatan yang lain.

(ftr)




Yuk, Kenalan dengan Pengganti Chef Vindex di MasterChef Indonesia










Yuk, Kenalan dengan Pengganti Chef Vindex di MasterChef Indonesia

Yuk, Kenalan dengan Pengganti Chef Vindex di MasterChef Indonesia

semoga artikel diatas yang berjudul Yuk, Kenalan dengan Pengganti Chef Vindex di MasterChef Indonesia , bermanfaat bagi anda.




Lihat Sumber Artikel Yang Berjudul Yuk, Kenalan dengan Pengganti Chef Vindex di MasterChef Indonesia diatas ya !
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+