Tiga Peserta Karang Pamitraan tak Lulus


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


Tiga Peserta Karang Pamitraan tak Lulus


.



Tribun Kaltim – Senin, 7 Januari 2013 13:42 WITA




NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Tiga dari 52 peserta Karang Pramitraan Cabang Nunukan 2013, dinyatakan tidak lulus.  Pelatihan Penyegaran Pembina Pramuka atau Karang Pamitraan tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan 2013 berlangsung selama lima hari, hingga hari ini di Balai Latihan Kerja Nunukan.

Kegiatan bertemakan “Jadilah Teladan Untuk Semua” diikuti pembina dari sembilan kwartir ranting serta satu satuan karya di Kabupaten Nunukan.
Meskipun ada peserta yang tidak lulus, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan Haji Trisno Hadi mengaku sangat puas atas hasil yang dicapai para peserta.


“Saya berharap hasil yang didapatkan bisa dilanjutkan di masing – masing gugusdepan dan tetap giat mendidik peserta didiknya,” ujarnya.


Trisno mengatakan, melihat perkembangan zaman dan kondisi peserta didik saat ini, kreatifitas pembina sangat diperlukan. Karena itu, para pembina yang dinyatakan lulus diminta untuk bisa mencetak Pramuka Garuda di gugusdepan masing-masing.


Sebanyak 52 pembina gugus depan berbaur tanpa memperhatikan asal sekolah, suku, agama dan ras pada kegiatan dengan pelatih bersertifikat dasar dan lanjutan Tuah Embula, dari Pusat Pendidikan Pelatihan Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nunukan.


Selama lima hari, para pembina menerima pembekalan praktik maupun teori diantaranya dinamika kelompok, upacara pembukaan dan penutupan, landasan hukum Gerakan Pramuka, pendidikan dalam Gerakan Pramuka, penerapan prinsip dan metode Kepramukaan, akreditasi Gudep, demonstrasi ketrampilan pembina, sharing pengujian SKU, sharing pembuatan program kegiatan Gudep, pencapaian Pramuka Garuda, sharing tata upacara, lomba dan cipta lagu dan permainan, demonstrasi lomba cipta lagu dan permainan. Selain itu ada education tour, cerita dan api unggun, open forum dan out door activity yang melibatkan Badan SAR Nasional di Nunukan.


Abdullah, peserta asal Kwaran Sembakung pada kegiatan itu berharap Kwarcab Nunukan lebih memperhatikan gugusdepan yang berada jauh dari ibukota Nunukan. Lebih-lebih lagi terkait administrasi gugusdepan menyangkut keabsahannya di Kwarcab Nunukan.


“Agar proses administrasi gugusdepan lebih dipermudah dan tidak dipersulit,” ujar pria yang sehari-harinya Guru SDN 001 Sembakung.
Ia juga berhadap dilaksanakan orientasi Kepramukaan bagi kepala sekolah yang ada di Kabupaten Nunukan. Sehingga para kepala sekolah juga turut andil dalam kemajuan Gerakan Pramuka di masing-masing sekolah yang dipimpinnya.


Abdul Muthalib, peserta dari Saka Bhakti Husada berharap, kedepan semua satuan karya yang ada di Kabupaten Nunukan bisa dilibatkan pada kegiatan Kepramukaan yang digelar Kwarcab Nunukan.


“Agar kegiatan Kepramukaan tidak hanya aktif di gugusdepan tapi kegiatan Kepramukaan juga lebih aktif di masing-masing satuan karya. Karena satuan karya dibentuk sebagai wadah menyalurkan bakat dan minat peserta didik sesuai dengan pilihan saka yang dipilih,” ujarnya.


Saat kegiatan tersebut ditutup, Trisno Hadi menyerahkan piagam dan buku kenangan kepada peserta yang dinyatakan lulus.




Tiga Peserta Karang Pamitraan tak Lulus


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul Tiga Peserta Karang Pamitraan tak Lulus , artikel tersebut merupakan referensi dari
Tribun Kaltim


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+