MENKEU BARU AS: Obama Tunjuk Jack Lew Gantikan Geithner


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


MENKEU BARU AS: Obama Tunjuk Jack Lew Gantikan Geithner


.
Compact_jack_lew
WASHINGTON—Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menunjuk Jack Lew sebagai menteri keuangan yang baru untuk menggantikan Timothy F. Geithner,  yang mengundurkan diri.


Obama menyebut mantan Kepala Staf Gedung Putih itu sebagai ‘jagonya pembuat kebijakan’ dan orang yang punya integritas tinggi. “Saya percaya akan penilainnya, saya hargai pertemanannya,” kata Obama pada Kamis (10/1)  waktu setempat di Washington.


Obama tidak lupa mengapresiasi hasil kerja Geithner, yang telah membantunya mengurusi masalah perekonomian dan keuangan AS sejak pertamakali terpilih menjadi presiden pada 2008. “Dia adalah salah satu menteri keuangan terbaik kita,” ujarnya.


Lew (57), yang telah menghabiskan karirnya di pemerintahan, pendidikan, dan bursa, kini akan mewakili Gedung Putih dalam berbagai negosiasi dengan Kongres mengenai kebijakan fiskal dan perekonomian.


Pada awal bulan ini, Gedung Putih telah berhasil mendapatkan kesepakatan kenaikan pajak dengan parlemen, terutama untuk mencegah resesi yang diakibatkan pengetatan anggaran yang disebut fiscal cliff.


Namun, selama di bawah koordinasi Geithner, Lew tidak terjun langsung menghadapi para anggota Senat dan House of Representative dari Partai Republik. Dia menemani Obama dalam pertemuan dengan komunitas pebisnis sepanjang negosiasi anggaran 2013.


Jika Senat merestui Lew sebagai menkeu yang baru, dia akan memainkan peran penting dalam bernegosiasi dengan Kongres untuk menaikkan pagu utang, yang saat ini masih US$ 16, triliun.


Total utang negara AS telah melampaui pagu tersebut pada 31 Desember 2012 dan mencapai US$ 16,4 triliun saat ini. Selain itu, Lew juga harus menegosiasikan pemangkasan anggaran yang ditunda hingga Maret 2013.


Menkeu yang baru juga akan membantu presiden menjaga hubungan ekonomi dengan Eropa dan China. Meskipun Eropa tengah mengalami krisis, benua itu tetap mitra ekonomi dan perdagangan terbesar bagi AS, sedangkan China, yang merupakan perekonomian terbesar kedua di dunia, adalah kreditur terbesar bagi AS. (Bloomberg/if)


MENKEU BARU AS: Obama Tunjuk Jack Lew Gantikan Geithner


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul MENKEU BARU AS: Obama Tunjuk Jack Lew Gantikan Geithner , artikel tersebut merupakan referensi dari
Bisnis.com News


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+