INI DIA TANGGAPAN PARTAI POLITIK SOAL NOMOR URUT PESERTA PEMILU 2014


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


INI DIA TANGGAPAN PARTAI POLITIK SOAL NOMOR URUT PESERTA PEMILU 2014


.



Pimpinan partai politik berpose sesaat setelah pengambilan undian nomor urut peserta pemilu 2014 di kantor KPUARTI NOMOR URUT PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2014. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengundi nomor urut partai politik peserta Pemilu 2014. 10 partai politik peserta Pemilu 2014 telah mendapatkan nomor urut, yang berarti ada nomor urut dari 1 sampai 10. Ada yang menganggap biasa ada pula yang berharap tuah angka keramat. Lihat juga PEMILU 2014, PARTAI NASDEM NOMOR URUT 1, DEMOKRAT 7 & HANURA 10


Menurut pakar psikologi politik dari Universitas Indonesia Hamdi Muluk, secara ilmiah tidak ada korelasi antara nomor urut partai dengan preferensi pemilih dalam menentukan pilihan saat pemilu. “Tidak ada korelasi. Tetap saja publik ingat partai karena lambang, sepak terjang dan ketokohan partai tersebut. Publik tidak peduli nomor urut,” kata guru besar UI ini.


Ia menyebutkan hanya orang yang percaya numerologi atau yang percaya klenik memaknai nomor urut menjadi faktor penting. Hamdi menegaskan lambang, kiprah dan tokoh partai menjadi faktor penting untuk menarik pemilih dalam menentukan pilihan.


1. Nasdem


Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mendapat nomor urut pertama sebagai peserta Pemilu 2014 saat pengundian nomor di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin (14/1/2013) siang. Bagi Nasdem, nomor 1 merupakan berkah untuk memudahkan komunikasi dengan masyarakat pada kampanye nanti.


“Nomor 1 bagi kami adalah berkah. Kita percaya, meskipun ini bukan takhayul, bahwa semuanya itu sangat tergantung kinerja kita. Dengan nomor 1, Insya Allah ini menjadi modal kita untuk berkomunikasi dengan masyarakat,” ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto.


Sugeng mengatakan, nomor satu sejak awal sudah menyertai Partai Nasdem. Nasdem juga satu-satunya partai baru yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2014. “Sejak awal kita selalu nomor 1. Dalam verifikasi, nomor satu, verifikasi KPU waktu itu, juga faktual nomor 1. Sekarang nomor urut kita juga nomor 1. Bagi kami ini adalah berkah dan ini adalah amanah yang akan kita laksanakan ke depan, bagaimana kita sebagai partai baru mengubah Indonesia,” katanya.


2. PKB


Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tak kecewa dengan hasil pengundian nomor urut di Komisi Pemilihan Umum (KPU) walaupun sejak awal menginginkan mendapat nomor urut ganjil.


“Alhamduliiah kita mendapat nomor baik. Senang sekali dengan nomor urutnya. Sangat berbahagia. PKB nomor dua, victoria, perdamaian, kebahagian,” ujar Muhaimin di Kantor KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2013).


Bahkan pria yang kerap disapa Cak Imim ini yakin nomor urut dua akan memberikan keberkahan bagi PKB di 2014. “Nomor dua memudahkan pemilih kita mengakses PKB. Saya yakin nomor dua juga memberi keberuntungan,” jelasnya.


3. PKS


Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapat nomor urut tiga sebagai partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Anis Matta, nomor tiga merupakan harapan partainya.


“Sesuai harapan, ini bukti kita akan dapat tiga besar,” kata Anis, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (14/1/2013).


4. PDIP


PDI Perjuangan merasa mendapat mandat rakyat dengan nomor urut 4. Angka 4 seperti kursi untuk presiden dan wakil presiden, bagi partai berlambang moncong putih ini.


“PDIP akan mendapat mandat rakyat untuk menduduki kursi Presiden dan Wakil Presiden,” kata Wasekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah kepada wartawan, Senin (14/1).


Basarah mengatakan angka 4 sesuai dengan komitmen partainya dalam memperjuangkan pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Nomor urut 4 juga menggambarkan penjuru arah mata angin yakni Barat, Timur, Utara dan Selatan.


“Dengan demikian, strategi kampanye yang akan dilakukan PDIP bersama caleg-calegnya akan sarat dengan muatan ideologis, yang sangat bermanfaat bagi proses pendidikan politik rakyat di seluruh penjuru nusantara,” kata Basarah.


5. Golkar


Ketua Umum Partai Golongan Karya Aburizal “Ical” Bakrie mengatakan, partainya akan berusaha lebih dekat dengan rakyat setelah mendapatkan nomor urut lima. Pasalnya, nomor urut lima mudah diingat rakyat dan mampu membawa Golkar pada kemenangan.


“Allah punya rahasia, manusia tidak bisa membaca. Nomor urut lima bisa jadi nomor satu. Kita kan tidak tahu, yang penting berusaha,” kata Ical di kantor KPU, Jakarta, Senin (14/1/2013).


6. Gerindra


Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2014 mendatang. Dalam pengundian tersebut, Partai Gerindra memperoleh nomor urut enam.


Sebenarnya, Gerindra kecewa karena partainya mendapatkan kesempatan terakhir dalam pengambilan nomor urut peserta. “Kita kan paling akhir, itu kan nomor akhir terakhir, yang dipilih orang lain, jadi tidak ada kesempatan memilih lagi,” ujar Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Martin Hutabarat, di Gedung DPR Jakarta, Senin, (14/1).


Martin berharap, nomor partainya itu jadi nomor yang baik. Sebab menurutnya kekuatan Gerindra berada direkam jejak, dan konsistensinya memberantas korupsi.


“Kita harap bahwa nomor ini menjadi nomor yang hoki, yang jelas kita harus kerja keraslah, jangan mengandalkan pada nomor,” tandas anggota Komisi III DPR ini.


7. Partai Demokrat


Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyambut baik hasil pengundian nomor urut peserta Pemilu 2014 yang digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Senin (14/1/2013). Pada pemilu 2014, Partai Demokrat mendapat nomor urut tujuh.


Anas mengaku tak percaya dengan hal-hal yang berbau klenik jika nomor tertentu membawa keberuntungan. Pihaknya tetap menyukuri berapa pun nomor urut itu.


“Ini undian nomor urut, bukan undian buntut dan bukan klenik. Karena itu, angka tujuh angka yang kami syukuri. Kami yakin angka itu penuh berkah dan membawa Partai Demokrat pada tujuan sebagai parpol yang semakin besar berkontribusi dan berperan bagi bangsa,” kata Anas.


“Nomor 9 itu keberuntungan Pemilu 2004. Nomor 31 keberuntungan Pemilu 2009. Nomor 7 keberuntungan tahun 2014. Jadi, artinya tiap pemilu, Partai Demokrat Insya Allah beruntung terus. Mengapa beruntung? Ini karena Insya Allah (PD) dipercaya dan dipilih oleh rakyat.”


8. PAN


Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugiarto, mengatakan dalam Rakernas tersebut PAN akan membeberkan strategi delapan penjuru mata angin yang diusung dalam pertarungan 2014. “Kita akan launching strategi-strategi PAN yang bergerak ke delapan penjuru mata angin,” ujarnya di kantor KPU, Jakarta, Senin 14 Januari 2012.


9. PPP


Partai Persatuan Pembangunan bersyukur mendapatkan nomor urut sembilan sebagai peserta Pemilu 2014. Pasalnya, nomor itu sesuai harapan PPP.


Menurut Sekretaris Jenderal PPP Romahurmuziy , angka sembilan juga memiliki historis lantaran Pemilu 1999 PPP juga mendapat nomor urut sembilan. Ketika itu, perolehan suara PPP berada di tiga besar.


“Tidak berlebihan PPP berharap kembali menjadi tiga besar. Angka sembilan juga sosiologis karena pendakwah Islam generasi pertama adalah Wali Sembilan. Sehingga ini pertanda kembali besarnya PPP di Pileg 2014 ,” kata Romi.


PPP, tambah Romi, menyiapkan sembilan langkah strategis untuk menghadapi Pemilu 2014. Pertama, mempertahankan perolehan suara pada Pemilu 2009 yang mencapai 5,7 juta suara. Kedua, mengambil kembali suara yang pernah menjadi milik PPP di basis pemilu 1999 yang mencapai 11,2 juta suara.


PPP, kata Romi, akan berupaya merebut simpati pemilih pemula yang mencapai seperempat dari total pemilih di Pileg 2014. Keempat, membuka 30 persen kuota pencalegan kepada parpol yang tak lolos sebagai peserta pemilu. Kelima, melakukan silaturahmi yang intensif dengan seluruh parpol Islam.


“Keenam, mencetak 1,9 juta atau 3 kader inti di setiap 631 ribu TPS. Ketujuh, meneruskan perjuangan Wali Sembilan dengan memperjuangkan pelegalan nilai syariat di nusantara melalui peraturan perundangan dan perda dalam bingkai NKRI. Delapan, memenuhi 30 persen kuota perempuan dalam pencalegan. Sembilan, menempatkan caleg bersih, kompeten, dan amanah,” pungkas Romi.


10. Hanura


Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto mengaku tidak mau takhayul soal nomor urut partai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. Namun bagi Wiranto, nomor 10 untuk partainya, menandakan Hanura semakin sempurna untuk bertarung pada 2014.


Wiranto bahkan menyatakan, dalam dunia pendidikan, nomor 10 adalah nomor terbaik. Nomor tersebut juga menandakan kekompakan seluruh elemen partai tersebut saat ini.


“Apalagi posisi di Pemilu nanti dulu nomor satu kiri atas, nah sekarang kan kita di kanan bawah, kan mudah dicoblos masyarakat,” ujarnya di kantor KPU, Jakarta, Senin 14 Januari 2014. Korelasi nomor urut partai politik peserta Pemilu 2014 dengan perolehan suara


Lihat Update Berita Terkini di Bestseoeasy.blogspot.com




Judul Artikel: INI DIA TANGGAPAN PARTAI POLITIK SOAL NOMOR URUT PESERTA PEMILU 2014

Link Artikel: http://bestseoeasy.blogspot.com/2013/01/ini-dia-tanggapan-partai-politik-soal.html

Rating: 100% based on 99999 ratings. 55 user reviews.

Ditulis Oleh:RKade

Terima kasih sudah mau membaca INI DIA TANGGAPAN PARTAI POLITIK SOAL NOMOR URUT PESERTA PEMILU 2014 di blog BestSEOEasy – http://bestseoeasy.blogspot.com/




INI DIA TANGGAPAN PARTAI POLITIK SOAL NOMOR URUT PESERTA PEMILU 2014


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul INI DIA TANGGAPAN PARTAI POLITIK SOAL NOMOR URUT PESERTA PEMILU 2014 , artikel tersebut merupakan referensi dari
BestSEOEasy.Blogspot.Com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+