IMPOR IKAN: Menteri KP maklumi untuk jenis sub tropis


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


IMPOR IKAN: Menteri KP maklumi untuk jenis sub tropis


.
Compact__mg_0083
MEDAN: Kementerian Kelautan dan Perikanan mengakui di skala dunia jenis ikan sub tropis lebih banyak dimintai dibandingkan ikan tropis yang dimiliki oleh Indonesia.


Oleh karena itulah, meski merupakan negara kelautan, Indonesia masih tetap melakukan impor ikan.


Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo mengatakan impor yang dilakukan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan permintaan dari pasar dalam negeri.


Nantinya, ikan sub tropis yang diimpor tersebut akan diolah untuk kemudian diekspor kembali guna memenuhi kebutuhan di pasar internasional.


"Industri yang tidak bisa mendapatkan supply cukup dari dalam negeri kebanyakan ikan sub tropis seperti salmon, sedangkan kita ikan tropis. Ikan sub tropis ini akan diolah melalui proses industri untuk memenuhi kebutuhan ekspor," ucapnya, Minggu (13/1/2013).


Meski demikian, sambungnya, di dalam neraca perdagangan produk perikanan pada tahun lalu, Indonesia masih surplus 76,47%. Artinya produk perikanan yang diekspor masih lebih tinggi dibandingkan yang diimpor.


Pada tahun lalu, nilai ekspor hasil perikanan Indonesia sebesar US$ 3,9 miliar dengan volume 1,27 juta ton. Capaian tersebut naik sebesar 8,3% dibandingkan dengan target ekspor yang ada dalam renstras 2010-2014 sebesar US$ 3,6 miliar.


"Neraca perdagangan kita masih surplus 76,47%. ini menunjukan kinerja ekspor hasil perikanan telah mengarah pada produk bernilai tambah dengan pertumbuhan neraca perdagangan perikanan 11,49%."


Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Saut P Hutagalung menambahkan situasi krisis keuangan yang melanda di hampir semua negara di Eropa juga mengakibatkan menurunyaa permintaan produk ikan asal Indonesia.


"Pasar ekspor utama kita masih Amerika, namun belakangan semenjak krisis Eropa permintaan mereka berkurang," ucapnya.  (ra)


IMPOR IKAN: Menteri KP maklumi untuk jenis sub tropis


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul IMPOR IKAN: Menteri KP maklumi untuk jenis sub tropis , artikel tersebut merupakan referensi dari
Bisnis.com News


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+