Proyek Balikpapan Islamic Centre tak Dapat Bantuan APBD Kota 2013



Tribun Kaltim – Sabtu, 8 Desember 2012 23:06 WITA




BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memastikan tidak ada alokasi dana APBD Kota untuk pembangunan Balikpapan Islamic Centre (BIC) di tahun 2013. Kepastian ini disampaikan Asisten II Setkot Balikpapan Sri Soetantinah, setelah Pemkot meneken kesepakatan bersama DPRD Kota Balikpapan tentang penetapan ABPD murni 2013.

“Iya, Islamic Centre tidak kita danai. Karena masih ada proyek multi years yang harus dituntaskan. Memang rencananya kita mau anggarkan, tapi kita ajukan dulu bantuan ke Provinsi. Berapa persisnya saya belum tahu, kita berharap dari Provinsi dapat dulu. Nanti di APBD Perubahan kalau pendanaan kita sudah longgar, baru mau konsentrasi dianggarkan,” ujar wanita yang akrab disapa Tantin, Sabtu (8/12/2012).


Selain masalah pendanaan, yang menjadi kendala utama bagi Pemkot dalam pembangunan BIC adalah Badan Pengelola. Hingga kini Pemkot masih melakukan pengakajian apakah nantinya pengelolaan BIC akan diserahkan ke pihak ke tiga atau murni dikelola Pemkot.


“Jangan kita membangun-membangun saja tapi nanti siapa yang mengelola kita tidak tahu. Lalu nanti dalam bentuk apa lembaganya itu juga masih kita jajaki, karena ini penting sekali jangan sampai maintenance-nya membebani APBD,” tandas Tantin.


Pemkot belum berani memastikan akan menyerahkan pengelolaan BIC kepada pihak ke tiga, karena lahan seluas 14,4 Hektare  yang dipakai membangun masih merupakan aset milik Pemkot. Sementara di sisi lain, Pemkot tidak memiliki lembaga agama yang bisa ditunjuk untuk mengelola BIC. (*)




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+