Serunya Akrobatik Pizza


Serunya Akrobatik Pizza



JIKA para bartender berakrobat dengan botol minuman, anggota komunitas Indonesia Pizza Spinning beraksi dengan pizza di tangan. Sebuah keterampilan yang butuh keahlian tinggi dan performa menawan.

Tangan-tangan terampil beraksi mengolah adonan pizza. Berbagai gaya akrobat pun ditampilkan. Adonan diputar, diterbangkan ke udara, atau dilempar ke belakang badan. Ditambah dentuman musik hiphop yang mengentak, para anggota Komunitas Indonesia Pizza Spinning tersebut terus beraksi. Penonton pun bersorak gembira dan terhibur.


Begitulah aktivitas para penggiat akrobatik pizza saat sedang “pentas”. Seni mengolah makanan asal Italia ini memang belum terlalu kencang gaungnya. Namun, peminatnya dari hari ke hari semakin bertambah. Ini karena mereka berhasil menggabungkan ranah kuliner dengan seni yang menyenangkan. Komunitas Indonesia Pizza Spinning telah ada sejak 2009.


Menurut Eril Farhan, salah seorang pendirinya, anggota perkumpulan ini awalnya bekerja di sebuah restoran pizza yang sama di Jakarta. Mereka sempat belajar akrobatik pizza dari seorang chef asal Korea Selatan yang didatangkan langsung oleh restoran. “Kami diajari basic dalam akrobatik pizza, yaitu hand-tossed, swirl, dan rolling,” ceritanya.


Setelah itu, lanjut dia, mereka mulai mempraktikkan keahliannya di depan pengunjung restoran. Tak disangka, respons pengunjung sungguh luar biasa. Pengunjung merasa terhibur dan mendatangkan banyak keuntungan bagi restoran. Mereka lantas mulai memperkaya ilmu akrobatik dengan menonton video di televisi dan internet, hingga mampu menciptakan gaya dan aksi sendiri.


Pada akhirnya, mereka punya ide untuk membentuk Komunitas Indonesia Pizza Spinning.


“Anggotanya dari hanya empat orang, bertambah menjadi 15 orang. Sekarang tinggal delapan orang anggota inti karena kebanyakan pindah kerja ke luar kota,” kata Eril. Eril mengungkapkan, sebenarnya seni akrobatik pizza sudah ada di Indonesia sejak 2004.


Namun, kegiatan para penggemarnya baru mulai kencang beredar beberapa tahun belakangan. Kepopuleran keahlian mengolah adonan pizza ini tak lepas dari aktivitas Indonesia Pizza Spinning yang rajin mempertontonkan kebolehannya. Mereka sering ”ditanggap” di berbagai acara televisi. Tidak hanya acara hiburan, tetapi juga tayangan berita.


”Kami juga sering diundang acara off air, seperti pembukaan restoran baru atau menjadi bintang tamu event kuliner dan acara masak-masak,” ujar Eril.


Terakhir, dua anggota Indonesia Pizza Spinning mempertontonkan aksinya di Restoran K-Meals, Yogyakarta, dan mendapatkan apresiasi luar biasa dari karyawan dan tamu restoran tersebut. Untuk pertemuan rutin, anggota perkumpulan ini rajin berlatih dan bertukar ide atau trik baru di rumah salah seorang anggota di kawasan Semanggi, setiap Rabu malam.


Dalam rangka semakin memperkenalkan serunya akrobatik pizza, Eril mengungkapkan, pihaknya mulai merambah sekolah alias goes to school. Mereka bekerja sama dengan pihak sekolah membuat ekstrakurikuler (ekskul) Acrobatic Pizza di sekolah kejuruan yang memiliki Jurusan Tata Boga. Ekskul ini sudah ada di SMKN 38, Jakarta.


“Sambutannya cukup positif. Untuk angkatan pertama sudah lulus 12 orang. Mudah-mudahan akan berkembang ke sekolah lain,” tandasnya.


Ke depannya, mereka memiliki visi untuk mengikuti ajang kejuaraan akrobatik pizza tahunan dunia, The World Pizza Championship di Salsomaggiore Terme atau di Napoli, Italia. (ftr)




Serunya Akrobatik Pizza










Serunya Akrobatik Pizza

Serunya Akrobatik Pizza

semoga artikel diatas yang berjudul Serunya Akrobatik Pizza , bermanfaat bagi anda.




Lihat Sumber Artikel Yang Berjudul Serunya Akrobatik Pizza diatas ya !
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+