3 Hari, Batas Menyimpan Buah


3 Hari, Batas Menyimpan Buah



Rabu, 25 Juli 2012 08:10 wib


Johan Sompotan – Okezone

detail berita


(Foto:Corbis)


BUAH mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk asupan sehari-hari. Untuk mendapatkan faedah buah, proses penyimpanannya wajib diketahui.
 
“Kalau mau menyimpan buah yang belum dikonsumsi, batas ketahanannya hanya tiga hari,” ujar Kafi Kurnia, Ketua Asosiasi Eksportir dan Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (ASEIBSSINDO), kepada Okezone ketika ditemui di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, baru-baru ini.
 
Lebih lanjut, Kafi mengatakan bahwa meskipun buah-buahan bisa disimpan lebih dari batas ketahanan, namun rasa serta aromanya mulai berkurang. “Kalau lebih tiga hari, buah masih bisa dikonsumsi, tapi tidak seenak pada saat Anda membelinya. Itu karena pengaruh udara di sekitar buah,” imbuhnya.
 
Selain itu, buah memiliki senyawa berupa gas atelin yang membuatnya bisa bernapas. Ini yang membuat buah tak bisa bertahan lebih lama.
 
“Buah itu kan bernafas, ada proses breaking dan ada gas atelin. Contohnya, buah apel dan pisang, keduanya bernapas dan memiliki gas atelin, tapi beda beratnya di mana pisang lebih berat. Sementara, antara pisang dan mangga, keduanya memiliki gas atelin yang berat, jadi kalau dibungkus dalam plastik otomatis cepat matang. Kenapa ada gas atelin, karena buah bernafas,” jelasnya.
 
Dirinya menyarankan, bila ingin mengonsumsi buah sebaiknya membeli seperlunya saja. Bila terlalu banyak, sama saja Anda melakukan pemborosan.
 
“Buah yang bagus itu seusai dibeli langsung dimakan. Tidak usah lagi disimpan supaya nutrisinya tidak berkurang,” tutupnya. (ftr)





3 Hari, Batas Menyimpan Buah










3 Hari, Batas Menyimpan Buah

3 Hari, Batas Menyimpan Buah

semoga artikel diatas yang berjudul 3 Hari, Batas Menyimpan Buah , bermanfaat bagi anda.




Lihat Sumber Artikel Yang Berjudul 3 Hari, Batas Menyimpan Buah diatas ya !
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+