Tidak Suka Hari Senin, Gadis Ini Menembaki Teman Sekolahnya Hingga Tewas

Tepatnya pada tanggal 29 Januari 1979, Seorang Gadis yang berusia 16 Tahun yaitu Brenda Ann Spencer, telah menembaki teman-teman sekolahnya dengan menggunakan senapan kaliber 22 dari dalam rumahnya, dan 2 diantaranya tewas, serta 8 siswa dan 1 petugas polisi terluka.

Penembakan tersebut terjadi di Sekolah Dasar Grover Cleveland di San Diego, Amerika Serikat.  2 Korban tewas tersebut di ketahui sebagai Kepala Sekolah yaitu Burton Wragg serta seorang Custodian yang bernama Mike Suchar.

Di dalam persidangan Brenda Spencer kemudian di nyatakan bersalah atas pembunuhan tingkat pertama serta serangan dengan senjata mematikan, lantas dia di jatuhi hukuman 25 tahun penjara.

https://www.findagrave.com/cgi-bin/fg.cgi?page=gr&GRid=79141512

Dia diadili sebagai orang dewasa, dan mengaku bersalah atas 2 tuduhan pembunuhan dan penyerangan dengan senjata.

Uniknya dalam persidangan tersebut, saat di tanyakan apa motif dia melakukan tembakan membabi buta tersebut, jawabnya sangat singkat yaitu, "I don't Like Monday", atau "Aku tidak suka hari Senin",dan dia juga berkata, "Sangat menyenangkan melihat anak-anak di tembak".

Brenda Spencer menembaki teman-teman sekolahnya dari dalam rumahnya, dimana rumahnya tersebut tepat bersebrangan dan berhadapan dengan Sekolah Dasar Grover Cleveland.

Selama proses penembakan tersebut, seorang reporter kemudian menelepon rumah-rumah di sekitar dekat sekolah tersebut, untuk mengetahui siapa sebenarnya yang melakukan penembakan tersebut.  Dan akhirnya diketahui bahwa pelaku penembakan tersebut adalah Spencer yang tinggal bersebrangan dengan sekolah tersebut.

Kehidupan Brenda Ann Spencer
Spencer tinggal di lingkungan San Carlos San Diego, California di sebuah rumah di seberang Grover Cleveland Elementary School, San Diego Unified School District. Usianya 16 tahun, dengan tinggi 5 '2 ", berambut tipis, dan memiliki rambut berwarna merah cerah; teman sekelasnya menggambarkan dirinya  sebagai " penampilan yang sangat payah ".

brenda spencer pembunuh hanya gara-gara tidak suka hari senin
image via : nydailynews.com
Seorang kenalannya kemudian mengatakan bahwa Spencer bersikap negatif terhadap polisi, dan sebelumnya telah membicarakan tentang menembak seseorang. 

Seorang Guru menggambarkan Brenda Spencer sebagai orang yang introvert; Terkadang mereka bertanya apakah dia sudah bangun. Kemudian, selama tes saat dia di dalam tahanan, ditemukan bahwa Spencer mengalami luka pada cuping temporal otaknya, hal ini disebabkan kecelakaan sepeda yang pernah dia alami. 

Spencer unggul dalam bidang fotografi, memenangkan hadiah pertamanya dalam kompetisi Humane Society.

Setelah orangtuanya bercerai, dia tinggal bersama ayahnya, yaitu Wallace Spencer. Mereka tidur di kasur tunggal di lantai ruang tamu. 

Polisi kemudian menemukan setengah botol alkohol kosong di seluruh rumah. Pada tahun 2001 Polisi menuduh ayahnya telah melakukan pemukulan dan pelecehan seksual terhadap Brenda. 

Brenda mengatakan tuduhan itu tidak benar. Wallace Spencer sendiri dikatakan telah mengidentifikasi dirinya sebagai "seseorang yang terlahir sebagai Gay".

Pada awal tahun 1978, seorang staf di sebuah fasilitas untuk murid bermasalah, menyebutkan bahwa Brenda  Spencer sering membolos sekolah, dia pun memberitahukan orang tuanya bahwa dia akan bunuh diri, selain itu sebenarnya Brenda Spencer seharusnya di rawat di sebuah rumah sakit jiwa karena keadaannya yang tertekan, namun Ayahnya kemudian menolak untuk memberikan ijin.


brenda spencer pelaku penembakan di sekolah yang di tuntut 25 tahun penjara
image via thedailybeast.com
Tepatnya pada Natal tahun 1978, Ayahnya kemudian memberinya hadiah senapan kaliber Rugbi 10/22 semi otomatis. Kaliber 22 dengan kekeran teleskopik serta 500 butir peluru. 

Brenda Spencer kemudian berkata: "Saya meminta radio dan dia membelikan saya pistol." Ketika ditanya mengapa dia melakukan pembunuhan tersebut, dia menjawab, "Saya merasa ingin bunuh diri."

Penembakan
Pada pagi hari Senin, tepatnya tanggal 29 Januari 1979, Brenda Spencer mulai menembaki dari dalam rumahnya terhadap anak-anak yang sedang menunggu di luar SD Cleveland. 

Saat itu  kepala sekolah Burton Wragg  membuka gerbang. Penembakan tersebut melukai 8 anak, dan Kepala Sekolah Burton Wragg terbunuh saat berusaha membantu anak-anak yang saat itu terancam penembakan. 

Sedangkan Kustodian Mike Suchar terbunuh saat mencoba menarik Burton Wragg ke tempat yang aman setelah tertembak peluru. 

Seorang petugas polisi yang saat itu menanggapi permintaan bantuan selama insiden tersebut ditembak di leher saat dia baru tiba di lokasi kejadian.

burton wragg orang yang menjadi korban penembakan brenda spencer
Burton Wragg
Setelah menembakkan 30 peluru amunisi, Brenda Spencer kemudian berdiam diri di dalam rumahnya selama hampir tujuh jam. 

Sementara di sana Brenda melakukan percakapan via telepon dengan seorang wartawan yang melaporkan bahwa dia telah mengatakan: "Saya tidak suka hari Senin.

Dia kemudian juga berbicara dengan juru runding polisi, mengatakan kepada mereka bahwa mereka merupakan sasaran empuk untuk di tembak, dan bahwa brenda akan "keluar untuk menembak." Brenda Spencer telah berulang kali mengatakan pernyataan ini saat persidangan bersyaratnya. 

mike suchar orang yang tewas tertembak brenda spencer
Mike Suchar
Brenda menyerah dan akhirnya di tangkap. Petugas polisi kemudian menemukan botol bir dan wiski di sekitar rumah tersebut, namun Brenda Spencer saat penangkapannya tidak dalam keadaan mabuk alkohol.

Brenda Spencer disebut sebagai inspirasi untuk lagu "I Do not Like Mondays," yang ditulis oleh Bob Geldof untuk bandnya Boomtown Rats, yang dirilis akhir tahun itu. 

"I Do not Like Mondays," juga menjadi judul sebuah film dokumenter televisi pada tahun 2006, dimana cerita dari film dokumenter tersebut membahas tentang kasus penembakan yang dilakukan oleh Brenda.


(adasaja)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+