Kenapa Huruf "F" dan "J" di Keyboard Ada Tonjolannya?


Perhatikan tombol F dan J pada keyboard PC atau laptop anda, pada dua huruf tersebut terdapat tonjolan yang membedakan dengan huruf lainnya. Pernahkah terfikirkan oleh anda untuk apa tonjolan di dua huruf tersebut? Mengapa tonjolan tersebut hanya ada di huruf F dan J?

Tonjolan pada huruf F dan J bukan sembarang dibuat, tonjolan di kedua huruf tersebut dibuat dengan tujuan yang cukup sederhana, yaitu untuk mempermudah para penulis yang mengetik dengan metode touch typing untuk mengetahui kedua posisi jari telunjuk kiri dan kanan yaitu tepat pada huruf "F" dan "J".

Apa itu Touch Typing? Touch Typing adalah mengetik dengan tanpa melihat tombol-tombol  huruf pada keyboard, cukup memperhatikan hasil ketikan pada layar monitor.

Mengetik dengan cara touch typing bisa dilakukan dengan menempatkan ke-delapan jari tangan di sepanjang baris horizontal pada tengah-tengah keyboard, yaitu tombol huruf "A", "S", "D", dan "F". Sedangkan tangan kanan berada di tombol "J", "K", "L", dan ";".


Beberapa orang yang sudah mahir seperti sekertaris dan ahli komputer memang mengetik dengan cara ini. Mereka memerlukan semacam assistance untuk memudahkan jari-jari mereka agar mudah mengetahui posisi tombol pada keyboard, dan tonjolan pada dua huruf tersebut yang menjadi penanda.
artikel
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+