NILAI TUKAR RUPIAH: Berpeluang Menguat Ke Rp9.059/US$ Tahun Ini


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


NILAI TUKAR RUPIAH: Berpeluang Menguat Ke Rp9.059/US$ Tahun Ini


.
Compact_tukar_rp
JAKARTA–Nilai tukar rupiah berpotensi menguat dalam waktu dekat ini melihat indikator jangka pendek yang cenderung positif.


Purbaya Yudhi Sadewa, Head of Economic Research Danareksa Research Institute, menuturkan secara fundamental nilai rupiah berpeluang menguat ke angka Rp9.059 per dollar AS dengan rata-rata 12 bulan mencapai Rp9.185.


Menurutnya, posisi yang masih lemah didorong oleh ekspektasi pelaku pasar dan masih adanya ketidakpastian ekonomi di Eropa.


Indikator makroekonomi lainnya juga menunjukkan kondisi perekonomian Indonesia masih baik, seperti inflasi masih terjaga dan aktivitas perekonomian masih meningkat.


"Selain itu, sentimen konsumen dan pelaku bisnis yang baik juga memengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah," katanya dalam acara Danareksa 2013 Indonesian Investment Outlook di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (10/1).


Dia mengemukakan foreign direct investment (FDI) masih dalam tren meningkat.

Penaikan capital inflow ini juga tecermin pada penaikan devisa dari US$ 110,3 miliar pada Oktober 2012 menjadi US$ 111,3 miliar pada November 2012.


Pada Rabu sore (9/1), nilai tukar mata uang rupiah bergerak melemah sebesar 130 poin menjadi Rp9.790 dibandingkan dengan sehari sebelumnya di posisi Rp9.660 per dolar AS. (if)

 


NILAI TUKAR RUPIAH: Berpeluang Menguat Ke Rp9.059/US$ Tahun Ini


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul NILAI TUKAR RUPIAH: Berpeluang Menguat Ke Rp9.059/US$ Tahun Ini , artikel tersebut merupakan referensi dari
Bisnis.com News


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+