Kepala Adat di Nunukan Minta Digelar Festival Seni Budaya


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


Kepala Adat di Nunukan Minta Digelar Festival Seni Budaya


.



Tribun Kaltim – Senin, 7 Januari 2013 18:41 WITA




NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Para kepala adat masing-masing


kepala adat besar Lumbis hilir, kepala adat besar Lumbis tengah, kepala adat besar Lumbis hulu, kepala adat besar Sembakung, kepala adat besar Sungai Tikung dan kepala adat besar Sungai Tulid meminta agar Pemerintah Kabupaten Nunukan menggelar festival seni budaya atau irau, yang dilaksanakan setiap tahunnya secara bergiliran di Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Sebuku, Kecamatan Lumbis Ogong dan Kecamatan Tulin Onsoi. Tentunya pelaksanaan kegiatan dimaksud menggunakan bantuan anggaran dari Pemkab Nunukan.

Aspirasi dimaksud disampaikan para tokoh adat dimaksud kepada Bupati Nunukan Basri, Senin (7/1/2013) disela proses pengukuhan kepala adat besar Lumbis hilir, Kecamatan Lumbis di Desa Tanjung Hilir, Kecamatan Lumbis yang dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan balai adat.


Pada acara yang juga dihadiri Sekretaris Kabupaten Nunukan Tommy Harun, pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Nunukan, sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah dan anggota DPRD Nunukan masing-masing Samadik, Amrin Sitanggang dan Karel Sompotan, lembaga adat juga memohon agar diberikan anggaran pembinaan setiap tahun yang dimasukkan dalam APBD Kabupaten Nunukan, untuk pemberdayaan, pelestarian, perlindungan dan pengembangan adat istiadat dan lembaga adat.


“Mohon bantuan anggaran pembangunan rumah panjang wilayah adat Lumbis hilir, Lumbis tengah, Lumbis hulu, Sembakung, Sungai Tikung Sebuku dan Sungai Tulid,” permintaan lainnya.


Sementara itu pengukuhan Kristian Pantalon sebagai Kepala Adat Besar Lumbis Hilir juga dihadiri kepala adat Sebuku, kepala adat Sembakung, kepala adat Lumbis hilir, kepala adat Desa Patal, kepala adat Desa Beringin, kepala adat Desa Saludan, kepala adat Desa Bulan Bulan, kepala adat Desa Kalampising, kepala adat Desa Tanjung Hulu, kepala adat Desa Tanjung Hilir, kepala adat Desa Sumalumung dan masyarakat setempat. 


Sebagai kepala adat besar yang baru dikukuhkan Kristian menjelaskan, pengukuhan tersebut merupakan bagian dari rangkaian tindaklanjut hasil musyawarah adat para pemangku adat dan tokoh masyarakat adat di wilayah Kecamatan Lumbis pada tanggal 18 Agustus 2012.


Kesepakatan itu tertuang dalam Surat Keputusan Musyawarah Adat Pemangku Adat Lembaga Adat Lembaga Adat Besar Lumbis Hlir Kecamatan Lumbis Kabupaten Nunukan Nomor 03/SK-MA/LAB.-LH/VIII/2012 tentang Pengangkatan Pengganti Kepala Adat Besar Lumbis Hilir Kecamatan Lumbis Kabupaten Nunukan.


Ia juga memastikan, peran lembaga adat dalam menjaga dan memelihara ketertiban dan keseimbangan masyarakat di wilayahnya sangatlah besar. Hukum adat membantu menyeimbangkan penegakan hukum positif melalui kerjasama dengan pemerintah kecamatan, Polsek dan Koramil.


“Sehingga kedamaian, kebersamaan, toleransi dan kerukunan ditengah tengah masyrakat kita di Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Sebuku, Kecamatan Lumbis Ogong dan Kecamatan Tulin Onsoi selalu terpelihara dan selalu kondusif,” ujarnya.




Kepala Adat di Nunukan Minta Digelar Festival Seni Budaya


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul Kepala Adat di Nunukan Minta Digelar Festival Seni Budaya , artikel tersebut merupakan referensi dari
Tribun Kaltim


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+