FLU BURUNG: Kementan minta dana penanggulangan Rp200 miliar


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


FLU BURUNG: Kementan minta dana penanggulangan Rp200 miliar


.
Compact_flu_burung
JAKARTA–Kementrian Pertanian mengusulkan dana penanggulangan flu burung senilai Rp220 miliar.


Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriyawan mengatakan usulan tersebut telah disampaikan kepada Kementrian Keuangan.


"Usulannya sudah kami ajukan. Harusnya cepat direspon kalau pemerintah mau fokus menangulangi kasus ini," ujarnya, Kamis (10/1/2013).


Dana penanggulangan tersebut, lanjutnya, akan dialokasikan untuk produksi vaksin, kompensasi peternak, serta kebutuhan lainnya. Meski demikian, alokasi untuk beberapa pos tersebut belum bisa dirinci sebab masih menunggu nilai yang disetujui oleh Kementrian Keuangan.


Rusman menambahkan vaksin flu burung clade 2.3.2 siap diedarkan 23 Februari mendatang. Menurutnya, kebutuhan vaksin baru diperkirakan mencapai 25 juta dosis.


"Populasi itik Indonesia sekitar 47 juta ekor, jadi produksi vaksin paling tidak setengah dari jumlah tersebut," ungkapnya.


Guna memenuhi kebutuhan vaksin tersebut, Kementan akan menggandeng lima perusahaan produsen vaksin. Sembari menunggu produksi vaksin baru, lanjutnya, Kementan telah merekomendasikan penggunaan vaksin lama dengan dosis ganda.


Berdasarkan data Direktorat Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, jumlah Itik yang mati akibat flu burung mencapai 242.368 ekor per 7 Januari 2013. Jumlah tersebut meningkat 27,56 persen dibandingkan dengan jumlah itik yang mati per akhir Desember lalu sebanyak 190.000 ekor.


Jumlah kematian itik terbesar terjadi di Jawa Tengah sebanyak 148.176 ekor yang disusul oleh Jawa Timur sebanyak 33.261 ekor. Saat ini, tercatat 69 kabupaten dan 11 provinsi menjadi daerah penyebaran flu burung, meluas dari jumlah sebelumnya sebanyak 60 kabupaten dan 9 provinsi.


Adapun jumlah itik yang dimusnahkan akibat terjangkit flu burung mencapai 172.000 ekor hingga 7 Januari 2013. Meski jumlah itik yang mati semakin banyak dan daerah penyebarannya meluas, tetapi Kementan belum berniat menjadikan kasus ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).(msb)


FLU BURUNG: Kementan minta dana penanggulangan Rp200 miliar


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul FLU BURUNG: Kementan minta dana penanggulangan Rp200 miliar , artikel tersebut merupakan referensi dari
Bisnis.com News


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+