Cuaca Buruk Harga Barang di Balikpapan Melonjak


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


Cuaca Buruk Harga Barang di Balikpapan Melonjak


.



Tribun Kaltim – Minggu, 13 Januari 2013 23:33 WITA




BALIKPAPAN-, tribunkaltim.co.id – Akibat cuaca buruk  yang menimpa kawasan perairan Balikpapan beberapa pekan terakhir menyebabakan harga sejumlah komoditi bahan kebutuhan pokok melambung tinggi, bahkan terjadi kelangkaan pada pasokan telur ayam yang berasal dari luar daerah.

“Cuacanya bermasalah, Pelayarannya menjadi terganggu. Sehingga pasokan yang kami dapatkan  dari Sulawesi, Jawa dan mayoritas dari Surabaya menjadi terganggu, beberapa hari kemarin saja kita tidak jualan karena stok kosong,” ujar Rojikin pedagang  telur di Pasar Klandasan Minggu (13/01).


Harga telur sendiri diakui Rojikin cukup meningkat drastis sejak cuaca buruk ini terjadi yang dulunya harga telur yang kecil berkisar Rp1.100  kini menjadi Rp1.300 dan untuk telur yang besar dari Rp.1.400 menjadi Rp.1.600. Penigkatan harga ini diakui rojikin juga terjadi per piringnya telur yang dia jual.


“Kalau dulu kita jual sekitar 32 ribu per piring, kini bisa mencapai Rp. 35 ribu hingga Rp. 39 ribu,” ujarnya


Hal ini juga diakui oleh Dharmansyah  salah seorang pedagang telur yang tidak berada jauh dari kios


Rojikin, Ia mengaku cuaca buruk yang sempat terjadi beberapa hari kemarin menyebabkan kelangkaan pada sejumlah barang pokok terutama pada komuditas telur.


” kemarin-kemarin pasokan masih belum normal, dan harga jadi melambung, ya semoga saja secepatnya pasokan komuditas ini bisa segera normal kembali, ungkapnya.


  
 Sementara itu kelangkaan pasokan beberapa  komuditas makanan yang disebabkan karena faktor cuaca ini juga membuat harga beberapa komuditi lainnya mulai  merangkat naik salah satunya seperti ikan


Menurut keterangan Aji, pedagang ikan di Pasar Klandasan rata-rata harga ikan yang dijual mengalami peningkatan sekitar Rp5.000 hingga Rp15 ribu per kilogram. 


 ” karena cuaca yang buruk kebanyakan harga ikan, baik ikan tongkol, kakap maupun layang mengalami kenaikan sekitar Rp 5 ribu sampai Rp15 ribu, tambahnya


Selain itu, Sejumlah komuditas lainnya juga mengalami peningkatan seperti kacang tanah dari Rp.18 ribu menjadi Rp.23 ribu, naik sekitar Rp. 5 ribu rupiah. Untuk  kentang perkilogram mencapai Rp20 ribu dan wortel mencapai Rp 30 ribu per kilogram. 


Bawang merah juga mengalami peningkatan harga per kilogramnya dan memiliki selisih sekitar  Rp. 3000 dibandingkan bawang putih, saat ini harga bawang merah sekitar Rp 28 ribu per kilogram  dan bawang putih Rp26 ribu per kilogram. Namun beberapa komuditas lainnya seperti minyak, tomat, cabe, cenderung menurun bahkan tidak mengalami kenaikan harga.




Cuaca Buruk Harga Barang di Balikpapan Melonjak


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul Cuaca Buruk Harga Barang di Balikpapan Melonjak , artikel tersebut merupakan referensi dari
Tribun Kaltim


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+