6 RUAS JALAN TOL: Satu-Satunya di Dunia yang Dilalui Angkutan Umum


Sikamseupay Blog akan berbagi tentang


6 RUAS JALAN TOL: Satu-Satunya di Dunia yang Dilalui Angkutan Umum


.
Compact_tol__7_


JAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengklaim proyek 6 ruas tol dalam kota menjadi satu-satunya jalan tol di dunia yang dapat dilalui angkutan umum.


 


"Ini satu-satunya jalan tol yang menggunakan angkutan umum di dunia, hanya ini," kata Djoko di sela-sela kunjungannya ke lokasi banjir tol Tangerang-Merak, Senin (14/1/2013).


 


Menteri menambahkan,  ruas jalan tol senilai Rp 41,5 triliun ini dapat dilalui bus TransJakarta dan akan disediakan tempat pemberhentian khusus layaknya halte di jalan-jalan non tol di Jakarta.


 


Menurutnya, dengan dibangunnnya jalan tol melayang ini, akan berkontribusi mengurangi kemacetan di beberapa titik di ibu kota.


 


"Dampaknya akan mengurangi kemacetan, pertama menambah ruas jalan di DKI. Sekarang rasio jalan di DKI 6,7% nanti jadi 6,7% lebih," ungkapnya.


 


Diperkirakan total investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan proyek ini mencapai  Rp 41,5 triliun. Pembebasan lahanya sendiri dialokasikan Rp5 triliun


 


Keenam ruas tol ini akan dibangun melayang atau elevated dan akan dibangun dalam 3 tahap. Tahap pertama mencakup ruas Semanan-Sunter dan Sunter-Pulo Gebang yang ditargetkan akan mulai dibangun pada akhir 2013 dan beroperasi di 2016.


 


Tahap kedua yakni Duri Pulo-Kampung Melayu dan Kemayoran-Kampung Melayu yang akan mulai dibangun di 2016 hingga 2018.


 


Sedangkan untuk tahap ketiga yaitu Tanah Abang-Ulujami dan Pasar Minggu-Casablanca akan dibangun di 2018 hingga 2020.??


 


Kontraktor tol ini adalah konsorsium Jakarta Tollroad Development (JTD) yang merupakan gabungan dari PT Jakarta Propertindo, Pembangunan Jaya Group, PT Hutama Karya, PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP).(faa)


6 RUAS JALAN TOL: Satu-Satunya di Dunia yang Dilalui Angkutan Umum


Terima kasih telah membaca artikel dengan judul 6 RUAS JALAN TOL: Satu-Satunya di Dunia yang Dilalui Angkutan Umum , artikel tersebut merupakan referensi dari
Bisnis.com News


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+