Mencari "Kuda Pacu" Terbaik di Manchester



MANCHESTER, tribunkaltim.co.id - Dalam dua musim terakhir, Derbi Manchester mendadak begitu ramai dibicarakan. Pada Minggu (9/12/2012), ingar bingar duel tim kota Manchester itu akan tetap terdengar kencang.


Manchester City akan bertindak sebagai tuan rumah dengan menjamu musuh bebuyutannya yang bergelimang kebesaran sejarah. Namun, torehan gelar-gelar yang diraih Setan Merah hadir saat City belum segarang seperti saat ini.


Kini, kekuatan keduanya bisa dikatakan berimbang. Rivalitasnya juga semakin panas. Apalagi, pada perburuan gelar Premier League musim lalu, The Citizens tampil sebagai pemenang dengan unggul selisih gol dari pasukan Sir Alex Ferguson.


Pada musim ini, City yang awalnya dijagokan akan mempertahankan gelar juara, justru mendapat banyak rintangan. Hal itu mampu dimanfaatkan Robin van Persie dkk untuk menyalip City demi singgasana puncak klasemen sementara Premier League.


Bagi kedua tim, laga derbi nanti bukan sekedar pertarungan gengsi memperebutkan status terbaik di kawasan industri terbesar Inggris itu. Kemenangan akan menjadi suntikan modal besar untuk meningkatkan mental bersaing di kompetisi.


Kubu City sendiri merasa beban besar ada di pundak mereka. Tuntutan meraih poin penuh agar menyamakan angka yang didapat Setan Merah membuat Manajer Roberto Mancini gelisah.


“Tak apa-apa bagi MU jika mereka kalah karena mereka unggul tiga poin dari kami. Kami tertinggal tiga angka dari mereka dan dengan begitu kami tak boleh kalah,” ujar Mancini.


“Mereka lebih baik dari kami saat ini. Kami barus berada (dalam persaingan juara) dalam dua tahun terakhir. Mereka bisa tampil pada laga-laga ini dalam persaingan juara selama 20 tahun. Mereka telah memenangi segalanya selama 15 tahun.”


“Anda tak bisa mengubah ini dalam dua atau tiga tahun. Anda perlu waktu lebih. Dalam hal ini, mereka memiliki keuntungan kecil,” tuturnya.


Sementara pihak tamu, Sir Alex Ferguson secara terang-terangan menginstruksikan anak-anak buahnya untuk merebut kemenangan. Bahkan, Ferguson menyebut, bila menang, maka itu akan menjadi kemenangan penting MU.


“Jika kami berhasil menang (lawan City), maka itu akan menjadi salah satu hasil terbaik karena mereka sangat bagus dan tim kuat yang diisi pemain besar. Jadi, laga itu tidak akan mudah,” kata Ferguson.


“Klasemen menggambarkan bahwa kami tidak terlalu berbeda, meskipun saya mengakui City adalah pemegang mahkota juara musim lalu. Roberto Mancini dan saya masing-masing akan berpikir keras untuk memilih pemain, menyiapkan taktik, dan mungkin ada beberapa elemen untuk bermain aman,” lanjutnya.


Tak terbantahkan lagi bila MU dan City merupakan dua “kuda pacu” paling potensial meraih gelar Premier League. Jadi, laga di Stadion Etihad yang akan disiarkan MNC TV, Minggu (9/12/2012) pukul 20.00 WIB itu nanti bisa sedikit menggambarkan hasil akhir kompetisi. Kota Manchester sedang mencari “kuda pacu” terbaik musim ini.


Perkiraan Susunan Pemain
Man. City: Hart; Maicon, Nastasic, Kompany, Zabaleta; Barry, Yaya Toure; Nasri, Tevez, Silva; Aguero
Manajer: Mancini


Man. United: De Gea; Smalling, Evans, Ferdinand, Evra; Fletcher, Carrick, Scholes; Rooney, Welbeck, Van Persie
Manajer: Ferguson


Kemungkinan Absen
Man. City: Kolarov, Richards, Milner, Clichy, Rodwell (cedera)
Man. United: Anderson, Valencia, Kagawa, Nani, Vidic, Powell (cedera)


Lima Duel Terakhir
30/4/2012 – Man. City 1-0 Man. United (Premier League)
8/1/2012 – Man. City 2-3 Man. United (Piala FA)
23/10/2011 – Man. United 1-6 Man. City (Premier League)
7/8/2011 – Man. City 2-3 Man. United (Community Shield)
16/4/2011 – Man. City 1-0 Man. United (Piala FA)


Performa Lima Laga Terakhir
Man. City: K-S-M-S-S
Man. United: K-M-M-M-K


Prediksi
Bwin: 2,20 – 3,30 – 3,20
William Hill: 2,30 – 3,00 – 3,40
Kompas Bola: 50 – 50




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+