11 Kelebihan Windows Phone 8


Windows Phone 8 sekarang sudah resmi dirilis oleh Microsoft hari Senin 29/10/2012 waktu Amerika Serikat. Sistem operasi baru ini digadang jauh lebih baik ketimbang versi pendahulunya. Hal ini membuat banyak orang penasaran, sebab kedepannya aplikasi yang terbenam pada Windows 8 tidak akan dapat berjalan pada Windows Phone 7.


Kami juga sudah pernah memberitakan kelebihan Windows Phone 8 dibanding dengan 7. Tapi hanya sekedar pengenalan saja, misalnya dukungan prosesor dual core. Namun bukan Microsoft namanya jika hanya mengandalkan inti software baru. Baru-baru ini diberitakan, bila kernel yang digunakan WP8 persis seperti pada Windows 8 versi desktop.


Menurut petinggi Microsoft, Windows Phone 8 bukan sekedar OS smartphone untuk menjalankan aplikasi mobile. Lebih dari itu, fungsi Windows Phone 8 diharapkan dapat menggantikan fungsi komputer desktop sementara. Serta menjalankan fungsi yang tidak dapat dijalankan oleh komputer desktop yakni telepon.


Kelebihan Windows Phone 8



Nah, bagi Anda yang sudah penasaran seperti apa kemampuan atau kelebihan Windows Phone 8, berikut ulasan lengkapnya :


1. ADOPSI KERNEL WINDOWS NT


Jika sebelumnya Microsoft masih menggunakan kernel Windows CE, kini menggantinya dengan NT. Inti progra seperti pada Windows 8 yang juga baru dirilis pekan lalu. Fungsinya tak lain untuk mengorganisir jalannya beragam aplikasi agar dapat diakses oleh hardware. Kernel CE dianggap sebagai inti program yang jadul, sudah digunakan sejak masa Windows Mobile. OS yang digunakan oleh smartphone sebelum Windows Phone.


Hal ini lah yang menyebabkan smartphone lawas tidak dapat mengadopsi sistem operasi Windows Phone 8, termasuk Nokia Lumia 900 yang notabene masih tergolong baru.


Masalah lain yang menghinggapi OS baru ini adalah pengembang aplikasi. Microsoft harus pintar membujuk pengembang agar mau mengembangkan aplikasi untuk Windows Phone 8. Selama ini mereka baru setengah jalan mengembangkan aplikasi untuk Windows Phone 7 kini harus berkutat pada OS baru. Bedanya, bahasa pemograman jadi lebih bervariatif sama seperti Windows 8.


2. DUKUNGAN PROSESOR MULTI-CORE


Selain dual core, kabarnya Windows Phone sudah menerima hardware untuk memproses data berjenis quad-core. Microsoft juga telah menyiapkan sistem baru yang mendukung prosesor agar dapat stabil serta hemat baterai.


3. RESOLUSI LAYAR BERVARIATIF


Jika Anda bosan menggunakan resolusi layar yang hanya itu – itu doang. Sebaiknya beralihlah pada Windows Phone 8. OS besutan Microsoft ini dapat disetting resolusi layarnya. Terdapat tiga (3) pilihan yakni WVGA (800×480 pixel), WXVGA (1280×768 pixel) dan True 720p (1280×720 pixel).


4. INTERNET EXPLORER 10


Bagi Anda yang sudah terlanjur “jatuh cinta” pada IE 10 untuk komputer. Kini Anda dimanjakan dengan fitur IE 10 pada genggaman tangan. Seluruh kode yang membangun browser WP8 sangat mirip dengan IE10, bisa dikatakan bahwa browser yang digunakan WP8 adalah browser Internet Explorer versi Mobile.


5. DUKUNGAN MEMORI EKSTERNAL


Saat masih menggunakan smartphone Windows Phone 7 Anda harus merelakan untuk menghapus beberapa data penting dikarenakan memori penyimpanan tidak mencukup lagi. Hal ini tidak akan terjadi pada Smartphone Windows Phone 8 sebab OS baru ini sudah mendukung memori Eksternal. Sehingga ekspansi penyimpanan dapat diperluas sesuai kemampuan dan keinginan pengguna.


Untuk sementara waktu, dukungan MicroSD yang dapat ditampung yakni 16GB – 64GB. Sangat memadai untuk menyimpan video HD dan ribuan lagu MP3.


6. USER INTERFACE


Tampilan khas bergaya kotak-kotak mirip bentuk lantai berubah total. Dari yang hanya 2 kolom sekarang dapat menampung empat kolom. Itupun bisa dirubah sesuai keinginan pengguna. Tampilannya terlihat lebih hidup karena ikon tersebut dapat bergerak layaknya animasi.


7. NFC SUPPORT


Salah satu kelebihan Windows Phone 8 yang cukup disayangkan adalah NFC. Fitur ini masih belum dapat dimaksimalkan di wilayah Indonesia. Tapi, bila nanti sudah beredar luas di Indonesia kita tak perlu lagi membawa dompet.


8. NOKIA MAPS


Jika sebelumnya Microsoft pede menggunakan Bing Maps buatannya sendiri. Kini, mereka bakal mengkolaborasikan dengan Nokia Maps yang terbukti lebih canggih. Hal ini juga menunjukan bila hubungan kedua perusahaan berjalan dengan baik.


9. SKYPE ( Kelebihan Windows Phone 8 )


Jika sebelumnya skype hanya sebagai aplikasi ekternal. Kini di Windows Phone 8 SKYPE merupakan aplikasi bawaan yang diintegrasikan dengan Voice Over Internet Protocol (VoIP) untuk melakukan panggilan video call langsung dari Skype.


10. SCREENSHOT


Seperti Komputer, iDevice, dan Android. Windows Phone 8 juga bisa memotret diri sendiri dengan menekan tombol khusus. Keuntungannya kita bisa mengambil gambar pada layar tanpa harus repot menggunakan kamera lain.


11. APLIKASI KAMERA


Fitur baru pada kamera juga turut andil memuluskan langkah Windows Phone 8 menggaet konsumen. Teknologi seperti efek instan, dan fitur panorama menjadi andalan. Teknologi ini didukung oleh aplikasi Photsynth besutan Microsoft. Kita juga dapat mengambil foto pada mode burst, memungkinkan pengguna dapat mengambil banyak foto dalam sekali bidikan. Kelebihan Windows Phone 8 diatas memang masih belum dapat dirasakan secara langsung oleh Eragadget.com tapi kedepannya akan kami usahakan untuk mencoba langsung.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+