Bersihkan Buah, Tak Perlu Dicuci


Bersihkan Buah, Tak Perlu Dicuci



Selasa, 24 Juli 2012 16:30 wib


Johan Sompotan – Okezone

detail berita


(Foto:Corbis)


MEMBERSIHKAN bahan makanan dengan air menjadi pilihan terbaik agar lebih higienis. Namun, proses pencucian dengan air tidak berlaku pada buah-buahan.
 
“Kalau ingin membersihkan buah usai dibeli di supermarket atau pasar tradisional, jangan dicuci karena akan merusak kandungan buah-buahan,” kata Kafi Kurnia, Ketua Asosiasi Eksportir dan Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (ASEIBSSINDO), kepada Okezone ketika ditemui di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, baru-baru ini.
 
Dia menyarankan, buah-buahan sebaiknya cukup dilap dengan kain bersih sebab paparan air hanya akan membuat buah cepat busuk. Menurutnya, buah merupakan benda hidup dan bernyawa, karenanya tidak bisa terkena air. Ini berbeda dengan sayuran yang harus dingin dan basah sedangkan buah harus dingin dan kering.
 
“Buah itu kan bernafas, ada proses breaking dan ada gas atelin. Contohnya, buah apel dan pisang, keduanya bernapas dan memiliki gas atelin, tapi beda beratnya di mana pisang lebih berat. Sementara, antara pisang dan mangga, keduanya memiliki gas atelin yang berat, jadi kalau dibungkus dalam plastik otomatis cepat matang. Kenapa ada gas atelin, karena buah bernafas,” jelasnya.
 
Kafi menegaskan, menikmati buah semestinya sudah dalam keadaan matang sempurna, bukan proses matang karena terkena air. Meskipun memiliki dampak yang sama, citarasa yang dihasilkan berbeda.
 
“Buah harus dinikmati dalam keadaan matang, dalam keadaan sugar kontan paling optimum. Apalagi buah-buahan tropis, yang kalau tidak matang otomatis tidak bisa didapat faedahnya. Faedah juga bisa didapat kalau buah-buahan berkualitas baik, misalnya mangga. Mangga yang matang di pohon lebih bagus daripada mangga peram atau karbit. Faedah buah akan berkurang ketika terkontaminasi, seperti ada ulat dan proses pembusukan,” tutupnya. (ftr)





Bersihkan Buah, Tak Perlu Dicuci










Bersihkan Buah, Tak Perlu Dicuci

Bersihkan Buah, Tak Perlu Dicuci

semoga artikel diatas yang berjudul Bersihkan Buah, Tak Perlu Dicuci , bermanfaat bagi anda.




Lihat Sumber Artikel Yang Berjudul Bersihkan Buah, Tak Perlu Dicuci diatas ya !
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+